Kadang kita masih suka bingung apakah blog dan website itu sama? Nah, baiknya ketahui dulu definisi dari keduanya. Blog merupakan salah satu di antara jenis-jenis website yang kontennya muncul sesuai urutan dari yang terbaru. Website sendiri adalah kumpulan halaman web dan konten multimedia yang terkumpul dalam satu domain dan bisa diakses melalui World Wide Web (WWW). Adapun persamaan keduanya yaitu bisa memuat bermacam konten, mulai tulisan hingga audiovisual. Sedangkan ada beberapa perbedaan mendasar dari keduanya yakni sebagai berikut:

 

Pengelola
Baik blog maupun website bisa dikelola oleh perorangan maupun perusahaan. Beda pengelola, beda pula tujuan dan jenis website yang dibangun. Misalnya, situs web blog perorangan, maka yang mengelola adalah individu sendiri. Sedangkan blog perusahaan, dikelola langsung oleh tim khusus yang memiliki goals meningkatkan trafik pada web perusahaan.

Sama dengan blog, situs web juga bisa dikelola perorangan maupun perusahaan. Namun, jenis website-nya berbeda. Misalnya, situs web portofolio, maka dikelola oleh perorangan, sedangkan situs web instansi maka dikelola oleh tim khusus. 

 

Konten
Dari segi konten, blog umumnya berisi artikel, foto, video atau update terkini yang relevan dengan pengguna. Konten blog juga menyesuaikan siapa pengelolanya, pribadi atau bagian dari perusahaan. Penyampaiannya pun lebih santai dan cenderung informal.

Website atau situs web lebih berisi identitas dan layanan atau produk dari perusahaan. Berbeda dengan blog yang memuat artikel panjang, website biasanya hanya mengenalkan secara singkat dengan copywriting/ilustrasi sehingga mudah dipahami.

 

Tujuan
Blog ditujukan sebagai sarana komunikasi, memberikan tutorial hingga review dari penggunaan sebuah produk atau jasa. Konten blog biasanya dikemas lebih variatif dan informatif agar menjangkau siapa saja yang membutuhkannya. Konten blog juga menggunakan teknik SEO agar berhasil menarik perhatian pengguna yang relevan.

Sedangkan website ditujukan untuk menginformasikan tentang sebuah perusahaan guna meningkatkan awareness dan kepercayaan dari masyarakat. Agar semakin dikenal publik, website menggunakan teknik digital marketing sebagai upaya pemasaran dan konversi.

 

Pola Interaksi
Dalam segi interaksi, blog memungkinkan komunikasi terjadi secara dua arah. Interaksi yang terjalin di blog biasanya dalam bentuk diskusi yaitu berupa kolom komentar di masing-masing konten yang diunggah pada blog yang bisa dibubuhkan pertanyaan dan nantinya ditanggapi oleh pemilik blog. 

Adapun website hanya memungkinkan komunikasi satu arah. Biasanya lebih ke arah transaksi. Pengelola umumnya tidak menyediakan wadah khusus untuk berkomunikasi langsung. Namun, bisa menghubungi pengelola website melalui live chat atau nomor kontak tertera. 

 

Software yang Digunakan
Platform yang biasanya digunakan untuk membuat blog antara lain WordPress atau Blogspot. Layanan hosting dan domain .wordpress.com atau .blogspot.com diakses secara gratis. Jika ingin menggunakan hosting atau domain sendiri, kamu bisa membelinya.

Adapun situs web umumnya dibuat menggunakan HTML, CSS, PHP, JavaScript, Python, dan bahasa coding lainnya. Meski demikian, bisa juga membuat website melalui WordPress.org atau website builder seperti Wix dan Shopify yang tidak memerlukan pengodean.